Ekonomi Lokal


Ekonomi Lokal


Kondisi Ekonomi (Pertanian)

Kabupaten Bangkalan dari sektor pertanian memiliki komoditas yang dipengaruhi oleh kondisi iklim yang tidak menentu, sehingga masyarakat menanam beragam jenis tanaman bergantung pada iklimnya. Kondisi ekonomi masyarakat sangat bergantung terhadap hasil pertanian, berikut adalah beragam komoditas yang ada di Desa Paseseh meliputi jagung, kacang tanah, dan kacang hijau.

Kondisi Ekonomi (Pertanian Jagung)

 Jagung merupakan komoditi masyarakat Paseseh yang di tanam ketika musim hujan tiba. Penanaman jagung di desa ini hanya dilakukan pemupukan sekali saat menanam, dan setelah itu tidak diberi pupuk tambahan atau yang lainnya sehingga ketika musim panen hanya untung-untungan yang tidak diserang oleh hama. Jagung biasanya di panen selama 2,5 bulan sekali.

Kondisi Ekonomi (Pertanian Kacang Tanah)


Kacang tanah merupakan komoditi kedua setelah jagung. Sama halnya dengan jagung, kacang tanah juga ditanam saat musim hujan tiba. Pemupukannya juga sama dengan jagung yaitu dilakukan pemupukan sekali saat menanam. Waktu panen kacang tanah biasanya 3 bulan sekali jika tidak terserang hama.

Kondisi Ekonomi (Pertanian Kacang Hijau)

Komoditi selanjutnya yaitu kacang hijau. Sama halnya dengan jagung dan kacang tanah, penanamannya pada saat musim hujan. Pemupukannya pun hanya sekali saat menanam. Waktu panen kacang hijau yaitu 2 bulan sekali jika tidak terserang hama. Jadi, waktu panen kacang hijau lebih cepat dibandingkan dengan waktu panen kacang tanah.

Kondisi Ekonomi (Peternakan)
Selain bertani, masyarakat Paseseh juga memiliki peternakan. Peternakan yang ada di Desa Paseseh yaitu peternakan sapi, kambing, dan ayam. Berikut penjelasannya.


Desa Paseseh sebagian besar masyarakatnya memiliki peternakan sapi, biasanya sapi-sapi tersebut ditempatkan dalam kandang tertentu. Sapi yang dipelihara adalah jenis sapi Madura bukan untuk pacuan tetapi hanya sebagai hewan ternak. Masyarakat biasanya mencarikan rumput untuk makan sapi, tidak dibiarkan berkeliaran sendiri untuk mencari makan. Mengapa sapi madura, karena sapi madura dagingnya lebih enak dibanding dengan sapi-sapi jenis lain. Sapi ketika dijual harganya tergantung dari besarnya. Untuk sapi yang kecil biasanya sekitar 5 juta untuk sapi betina, sedangkan yang besar bisa mencapai 11-12 juta. Untuk sapi jantan yang besar bisa mencapai 15-18 juta per ekor.

Hewan ternak yang banyak dimiliki masyarakat Paseseh selain sapi adalah kambing. Biasanya pemilik akan membiarkan kambing mereka berkeliaran diluar untuk mencari makan, namun ada sebagian yang ditempatkan di kandang dan makanannya dicarikan oleh pemilik. Seperti halnya sapi, harga kambing per ekornya juga tergantung dari besar kecilnya kambing. Untuk kambing yang besar biasanya mencapi 3-3,5 juta per ekor jantan, sedangkan untuk yang kecil biasanya sekitar 1 jutaan per ekor jantan.
Hewan ternak selain sapi dan kambing adalah ayam yang diternak oleh masyarakat Paseseh. Ayam tersebut adalah ayam petelur dan ayam potong. Ayam petelor setiap hari bisa menghasilkan telur dan setiap hari bisa untuk dijual di pasaran. Sedangkan ayam potong 40 hari baru bisa panen. Kalau ayam potong dijual perkiloan tergantung dari harga perkilonya di pasar. Jadi pendapatan setiap harinya tidak menentu.

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Desa Paseseh